Cara Installasi Ubuntu 7.04

Buat sobat yang pengen tahu cara install ubuntu, silahkan simak cara-cara installasi Unbuntu 7.04 berikut yang Saya tulis kembali yang sebelumnya sudah saya tulis di blog saya KhuClux. Semoga bisa membantu teman-teman yang menggunakan Linux sebagai OS nya.

Caranya adalah :

1. Pastikan dulu data-data penting yang ada di hardisk sobat sudah di-backup dulu buat menjaga kemungkinan hilangnya data sobat karena kesalahan di proses installasi.

2.Setelah di-backup, restart komputernya truz ubah first boot BIOSnya dari CD-ROM.

3. Masukkin CD Ubuntunya. Kalau ntar udah tampil halaman boot prompt Ubuntu-nya silahkan dipilih Start atau Install Ubuntu.

4. Kalau desktop Live CD udah mulai silahkan double klik icon install yang ada di desktop untuk memulai langkah baru yaitu tahap installasi ke Hard Drive.

5. Pilih Bahasanya.

6. Pilih timezone yang sesuai dengan wilayah sobat.

7. Kalau perlu ubah Layout Keyboardnya, nggak di ubah juga nggak apa-apa.

8. Kita sekarang masuk ke tahap partisi harddisk. Ada 4 pilihan disana :
a. Guided-resize IDE1 master
b. Partition #1 (hda1) and use freed space
c. Guided-use entire disk
d. Manual
Karena kita bakalan ngatur partisinya sendiri jadi silahkan pilih Manual.

9. Sebelumnya, kalau sobat ingin ,menginstall ubuntu maka sobat memerlukan 2 buah partisi yaitu partisi filesystem dan partisi swap. Besarnya partisi swap kalau KhuClux nggak salah kira-kira 2 kali jumlah memory fisik.
Permisalannya : Harddisk 4.3 Gb yang ada, KhuClux buat partisi filesystemnya sebesar 3783 Mb dan partisi swapnya sebesar 509 Mb dimana kapasitasnya disesuaikan dengan kondisi partisi harddisk.

10. Lewatin aja halaman Migrate Documents and Settings.

11. Sekarang kita sampai di tahap pembuatan User di Ubuntu Desktop. SIlahkan isi nama user dan passwordnya yang sobat pengen.

12. Selanjutnya sobat akan melihat halaman yang berisikan tentang ringkasan setting installasi yang sudah sobat lakukan tadi. Teliti dulu, kalu udah benar dan sesuai keinginan dan kehendak hati sobat silahkan dilanjutkan saja dengan klik install untuk mulai install ke hard-drive-nya.

13. Proses installasi mencakup proses partisi harddisk dan dilanjutkan dengan proses installasi sistem ubuntu. Prosesnya cukup lama sih jadi silahkan disambi dengan nyapu atau ngepel,hehehehehe....

14. Reboot system dengan merestartnya.

15. Keluarkan CD dari Drive CD ROM truz silahkan di boot ke desktop ubuntu yang sudah diinstall tadi.

16. Setelah proses no.15 itu sobat akan diminta untuk login dengan mengisikan password yang sudah sobat buat pada proses pembuatan user tadi yang tertulis di no.11.

17. Selamat Menikmati desktop ubuntumu sobat.
Semoga posting ini bisa membantu sobat.


Untuk Memperoleh Backlink Dari Blog Ini, Silahkan Berikan Komentar Anda Terhadap Posting Diatas Blog Ini Telah Disetting Menjadi Dofollow


Artikel Terkait



0 komentar:

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

Posting Komentar