Adsense Semu = Kerugian Publisher


Maksud dari judul itu apa? Kok adsense semu?
Iya, saya namakan adsense semu, karena sudah jelas terlihat pada banner yang digunakan untuk promosi di beberapa situs PPC yang ditempatkan di ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan blog atau website di antero jagad raya ini.

Sobat TB pasti ingin mendapatkan uang dari adsense-adsense yang sudah Sobat TB letakkan pada kolom-kolom blog sobat kan? pasti Sobat TB juga nggak akan mau memasangnya kalau adsense itu nggak mempunyai sisi positif bagi sobat khususnya dalam hal meraih income kan?
Tapi pertanyaan saya adalah....

(*) Bagaimana jika iklan banner dari situs PPC yang sudah sobat pasang itu sudah tertulis alamat website pemasang iklan ?

Jawaban saya :

Mungkin visitor akan langsung melihat tulisan seperti www.namadomain.com pada banner dan langsung menuliskannya di address bar browser mereka dan mengunjungi web Si Pemasang iklan tersebut tanpa melakukan klik pada iklan dari situs PPC yang telah kita pasang.

Itu adalah salah satu kerugian untuk kita sebagai publisher dan suatu keuntungan bagi advertiser karena mereka bisa memasang iklannya lebih lama lagi karena mungkin saldo CPC nya masih ada karena belum terjadi klik.

Kebanyakan dari adsense banner yang seperti itu adalah adsense banner yang memiliki sistem affiliasi.

Nahhhh....lho !!
Nambah satu lagi deh pembahasannya.
Kenapa saya sebut kebanyakan yang memasang banner seperti itu adalah advertiser yang menerapkan sistem affiliasi atau reseller di bisnisnya?

Ada beberapa jawaban yang terusik di kepala saya :


1. Lebih untunng 100% dinikmati sendiri atau berdua ?

Sistem affiliasi adalah sistem yang mampu memberikan komisi beberapa persen dari harga produk yang terjual kepada affiliatenya. Sehingga ada kemungkinan para penyedia produk lebih suka untuk mendapatkan keuntungan 100% untuk dirinya sendiri daripada harus dibagi berdua dengan affiliatena (begitu juga dengan Sobat TB kan ?hehehe....).

Tapi kenapa mereka menerapkan sistem affiliasi ?

Oh...hal itu sama saja dengan bagaimana rasanya jika banner blog sobat dipasang di beberapa blog atau website secara gratis ?? Pastinya seneng dong. Karena pihak owner memberikan iming-iming komisi yang lumayan kan?

Berarti pihak penyedia produk merasa untung karena mereka bisa memasang bannernya 100% GRATIS di blog/web sobat.


2. Pada mau makan sosis enak harga Rp 1.000,- yang panjang ?

Kenapa saya umpamakan sebagai sosis ?
anggaplah sosis panjang itu adalah waktu yang panjang. Gambarannya adalah sobat memasang adsense di situs PPC dengan harga per klinya Rp 700,- dan sobat memesan 100 unik klik untk banner yang sobat pasang.
Berarti sobat harus membayar sejumlah Rp 70.000,- . Nah kalau sobat memberikan alamat website sobat pada banner yang sobat pasang dan terjadilah sesuatu seperti hal diatas yang saya beri tanda bintang (*) tadi, bukankah sobat juga akan lebih untung ?


Kesimpulannya Apa ?

Saya sebagai publisher memang sedikit kecewa dengan hal seperti ini sehingga pendapatan saya dari situs PPC menurun, T.T. Tapi saya menulis posting ini bukan untuk menyindir pihak manapun lho yaa...
Mungkin kejadian ini tidak akan berlaku bagi sobat yang memang mempunyai layanan adsense sendiri untuk blog / websitenya.

Kalau memang Sobat TB ada yang mempunyai Kritik dan Saran atas kejadian ini mohon di share aja disini. Tulis komentarnya aja oke...

Semangatkan Tracking Adsnse yang bersih



Untuk Memperoleh Backlink Dari Blog Ini, Silahkan Berikan Komentar Anda Terhadap Posting Diatas Blog Ini Telah Disetting Menjadi Dofollow

Artikel Terkait



5 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice post, jadi yang paling bagus.. pake apa untuk indonesia.. ane kurang paham

http://www.kuyainside.com/2011/03/23/jangan-suka-bergadang/

Rezza KhuClux mengatakan...

@Anonim

maksudnya "pake apa untuk indonesia" itu apa?

coba deh dibaca lagi artikelnya :)

Mang Uem mengatakan...

Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu....

informasi weblog mengatakan...

ya nih,aku dah daftar sampai lima kali blum dirima juga..
terakhir katanya alamat ku tidak diterima..jadi males aku

Jody Robert mengatakan...

Terima kasih atas info. Smoga sukses selalu. Oh iya, tolong kunjungi blogku ya, funtasticstudy.blogspot.com

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

Posting Komentar